Senin, 05 Desember 2016

HAKIKAT, KERAGAMAN, DAN KESETARAAN



HAKIKAT, KERAGAMAN, DAN KESETARAAN

1.HAKIKAT KERAGAMAN DAN KESETARAAN MANUSIA

    Hai teman-teman blog, ehm kali ini aku akan bahas tentang kesetaraan manusia dan hakikat keragaman. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa indonesia adalah negara dimana mayoritas masyarakatnya memiliki suka dan kebu dayaan yang berbeda-beda. Dari mulai suku jawa, melayu, sunda, batak, minang, karo dll masih banyak lagi. Namun walaupun negara indonesia memiliki latar belakang dari agama, suku, dan ras yang berbeda-beda mereka memiliki kesetaraan yang sama. Dan memiliki hak yang sama baik itu hak hidup, hak mengeluarkan pendapat, hak untuk memilih dan dipilih. Tidak ada satu pun yang diistimewakan semua setara. Dan keseluruhan perbedaan tersebut di bungkus rapi dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetap sama.











  Nah, dari gambar ini kita bisa liat nih teman-teman betapa banyak nya kan suku-suku, ras, dan etnis-etnis yang berbeda-beda namun mereka di persatukan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Tetapi, teman-teman juga harus tau ni, bahwa memang tidak bisa dipungkiri bahwa peraiteruan selalu ada dalam keberagaman suku ini, ya layaknya seperti warna jika ada putih pasti selalu ada hitam jika ada nilai positif pasti selalu ada nilai negatifnya ada siang pasti ada malam. Begitu juga hal nya dengan kebudayaaan ini tadi.
Dalam catatan sejarah dunia ini teman-teman, negara-negara di belahan barat sempat menghadapi masa yang sulit karena adanya diskriminasi ras berdasarkan warna kulit. Nah, maka dari itu teman-teman jangan sampai kita menganggap bahwa suku tau pun ras kita yang lebih unggul daripada suku lainnya, jangan sampi kita menghina dan menjatuhkan suku lainnnya. Karena ketahuilah teman-teman bahwa perbedaan itu indah, sangat indah bahkan. Mengapa saya katakan demikian, karena begini saja deh saya kasih contoh.
Misalnya nih, di sekeliling kita gak ada nih orang aceh pastinya kita gak tau kan rasanya mie aceh itu gimana. Gak ada orang padang kita juga gak tau kan gimana rasanya sate padang. Itulah yang saya maksud teman-teman perbedaaan itu indah. Menjadikan kehidupan kita lebih bewarna tidak datar-datar saja.





    Kedua makanan ini adalah salah satu contoh adanya kebudayaan itu sendiri teman-teman. Hasil dari suatu kebudayaan yang dimiliki dari suatu budaya tertentu. Disini itu contohnya dari suku aceh atau dikenal dengan suku gayo memiliki makanan khas mie aceh dan suku padang memiliki makanan khas sate padang. Nah, maka dari itu teman-teman kita harus menghargai adanya perbedaan. Ini hanya comntoh kecil saja loh teman-teman masih banyak lagi suku-suka dari pelosok negeri yang memiliki ciri khas yang sangat unik sekali untuk diketahui. Disini saya kebetulan hanya mengambil sampel makanan khas dari suku aceh gayo dan suka padang minang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar